Rabu, 14 Desember 2011

DESAIN MODEL PEMBELAJARAN

(Penggunaan Media CD dalam Pembelajaran Fiqih)


Satuan Pendidikan       : MTs Negeri
Mata Pelajaran           : Fiqih
Semester/Kelas           : II/I (Satu)
Guru Mata Pelajaran   : Arsyad

A.  Deskripsi Bidang Studi
Bidang studi ini akan memberikan pengetahuan dasar kepada siswa tentang pentingnya shalat berjama’ah, bagaimana melaksanakan shalat ketika dalam perjalanan, pentingnya melaksanakan shalat sunat rawatib sebagaimana dianjurkan oleh agama dan bagaimana melaksanakan shalat ‘idain.
Dengan mempertimbangkan tujuan praktis dari pembelajaran ini, maka pembelajaran akan dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mempersiapkan siswa dengan pengetahuan dan latihan-latihan yang diperlukan untuk mampu memahami pentingnya melaksanakan shalat wajib sehingga dalam keadaan apa pun seseorang tidak boleh meninggalkannya, selain itu siswa juga harus memahami bahwa selain shalat fardhu masih ada shalat yang dianjurkan yang disebut shalat sunat seperti shalat sunat Rawatib ataupun shalat ‘Idain..
Pembelajaran ini terutama akan difokuskan pada pemberian konsep-konsep dan prosedur pelaksanaan shalat serta latihan-latihan yang dapat mempersiapkan siswa untuk mampu melakukan shalat dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, yang pada akhirnya diharapkan akan menjadi suatu pembiasaan bagi siswa.

B.  Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator
Pada semester genap ini memuat empat Standar Kompetensi yang dijabarkan dalam kompetensi dasar sebagai pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus dikuasai dan dapat ditampilkan peserta didik yang kemudian dijabarkan lagi ke dalam indicator sebagai rumusan kompetensi yang lebih spesifik yang menunjukkan ciri-ciri penguasaan suatu sub-kompetensi.
No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
Membiasakan shalat berjamaah dalam setiap shalat lima waktu

Ø  Mampu melakukan shalat berjamaah
Ø  Mampu mengamalkan shalat berjamaah dalam setiap shalat lima waktu

-     Mampu mempraktekkan shalat berjamaah dengan memperhatikan shaf dalam berjamaah
-     Mampu melakukan latihan bertindak sebagai imam dan makmum
-      Mampu mempraktekkan
tata cara shalat makmun masbuq
2.
Mampu melakukan shalat jama', qashar dan jama' qashar dengan benar
Ø  Mampu melakukan shalat, jama'
Ø  Mampu melakukan shalat qashar
Ø  Mampu melakukan shalat jama' qashar

-      Mampu mendemonstrasikan shalat jama’ dengan memperhatikan niat dan syarat-syarat yang telah ditentukan dalam melakukan shalat jama’
-      Mampu mendemostrasikan shalat qashar dengan memperhatiakan niat dan syarat-syarat yang telah ditentukan dalam melakukan shalat qashar
-     Mampu
mendemonstrasikan shalat jama’ qashar dengan memperhatikan niat dan syarat-syarat yang telah ditentukan dalam melakukan shalat jama’ qashar.
3.
Membiasakan shalat sunat Rawatib setelah dan sesudah shalat fardhu
Ø  Mampu mengamalkan shalat sunat qabliyah
Ø  Mampu mengamalkan shalat sunat ba’diyah

-      Mampu melaksanakan shalat sunat sebelum shubuh dengan memperhatikan ketentuan dan hukumnya
-      Mampu melakukan shalat sunat sebelum dan sesudah zuhur dengan memperhatikan ketentuan dan hukumnya
-      Mampu melakukan shalat sunat sebelum dan sesudah ashar dengan memperhatikan ketentuan dan hukumnya
-      Mampu melakukan shalat sunat sebelum dan seusdah maghrib dengan memperhatikan ketentuan dan hukumnya
-      Mampu melakukan shalat
sunat sebelum dan sesudah ‘isya’ dengan memperhatikan ketentuan dan hukumnya
4.
Mampu melakukan shalat 'Idain dengan baik dan benar

Ø  Mampu melakukan shalat I’dhul fitri
Ø  Mampu melakukan shalat I’dhul adha

-      Mampu mendemostrasikan shalat ‘Idhul Fitri dengan memperhatikan waktu pelaksanaan dan ketentuan-ketentuannya.
-      Mampu mendemonstrasikan shalat ‘Idhul Adha dengan memperhatikan waktu pelaksanaannya dan ketentuan-ketentuannya.
-       Mampu menerapkan
sunnah-sunnah shalat ‘Idain ketika melaksanakan shalat ‘Idain

Topik Pembelajaran SK I:
  1. Pengertian, dalil dan hokum shalat berjamaah
  2. Syarat-syarat imam dan makmum
  3. Praktek shalat berjamaah
  4. Pengertian dan macam-macam makmum masbuq
  5. Praktek latihan sebagai makmum masbuq
  6. Tata cara mengingatkan imam yang lupa

Topik pembelajaran SK II:
1.    Pengertian shalat jama’, qashar dan jama’ qashar
2.    Syarat-syarat shalat jama’, qashar dan jama’ qashar
3.    Tata cara shalat jama’, qashar dan jama’ qashar
4.    Praktek shalat jama’, qashar dan jama’ qashar

Topik Pemebelajaran SK III:
1.    Pengertian shalat sunat rawathib dan dalilnya
2.    Macam-macam shalat sunat rawatib dan hukumnya
3.    Praktek shalat sunat rawathib

Topik Pembahasan SK IV:
1.    Pengertian dan dalil shalat ‘idain
2.    Macam-macam shalat ‘idaian dan waktu pelaksanaannya
3.    Tata cara pelaksanaan shalat ‘idain
4.    Praktek shalat ‘idain

C.  Sumber Belajar
§ Buku Fiqh Islam
§ Kitab Fathul Qorib
§ Kitab Fathul Mu’ien
§ Buku paket Fiqih Madrasah Tsanawiyah Kelas I
§ Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Madrasah Tsanawiyah Kelas I
§ VCD Pembelajaran Fiqih

Strategi Pembelajaran
Dalam pembelajaran atau penyampaian materi, secara umum akan menggunakan strategi belajar aktif, dimana siswa akan terlibat langsung dalam pembeljaran. Pada setiap tatap muka dalam pembelajaran ini, hanya sebagaian waktu yang akan dugunakan untuk menceramahkan materi pembelajaran, sementara sebagian lainnnya digunakan untuk melakukan pendalaman yang dalam hal ini dapat menggunakan ber bagai strategi pembelajaran aktif, seperti critical incident yang meleibatkan siswa sejak awal dengan melihat pengalaman mereka, learning starts with a question yang merangsang siswa untuk bertanya mengenai materi pelajaran, information search yang melatih siswa untuk mencari informasi tentang suatu meteri yang akan dipelajari, everyone is a teacher here yang dapat mendorong keterlibatan siswa yang tidak aktif, index card match yang merangsang siswa untuk mengingat kembali materi yang pernah dipelajari dan juga mneggunkan strategi yang menuntut siswa mempraktekkna konsep-konsp teori-teori yang telah dopelajari sepeti seperti modeling the way atau practice-rehearsal pairs dan masih banyak lagi strategi yang bisa kita gunakan agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
Dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif, diharapkan siswa dapat memahami materi pembelajaran sesuai dengan dunia nyata mereka sehingga apa yang dipelajari dapat dihayati dengan baik dan pada ahkhirnya mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai suatu kebiasaan.

D.  Evaluasi
Penilaian hasil belajar siswa harus meliputi tiga ranah yang merupakan tujuan dari pembelajaran, penilaian akan dilakukan melalui:
1.     Portofolio-20%
Poretofolio yang dimaksud disini adalah kumpulan sistematis dari tugas-tugas yang diberikan sepanjang proses pembelajaran. Tugas-tugas tersebutat adalah penerapan dari pemahaman dan keterampilan siswa terhadap teori-teori yang dipelajari.
2.     Pengamalan/penerapan-20%
Pengamalan atau penerapan yang dimaksud adalah sikap prilaku saiswa dalam keseharian baik itu di dalam kelas atau di luar kelas yang mencerminkan sikap sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, dalam hal ini dievaluasi melalui observasi.
3.     Mid-Semester-20%
Berupa tes tertulis dan ujian praktek. yang diberikan pada kurang lebih pertengahan semester.
4.     Ujian akhir semester-40%
Berupa tes tertulis dan juga ujian praktek yang dilaksanakan pada akhir semester.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar